Days Lost in Seoul-2

Day 2

Super Day, why i called it super day? Karena buat yang ingin mencoba mengikuti itinerary saya hari ini disarankan untuk memakai sepatu yang nyaman dan persiapkan stamina
Bucket list saya di Seoul hari kedua adalah
Gyeongbokgung Palace, National Folk Museum, Gwanghamun Square, Cheonggyecheon Stream,Myeongdong dan Namsan Tower.
Blessed my feet at that time.

Gyeongbokgung palace merupakan istana terbesar di Korea, main royal palace di era joseon, tempat tinggalnya raja. Super duper luas, Kayaknya mesti seharian buat keliling disini doang.
Direction : Gyeongbokgung palace station exit 5 ini langsung sampai ke depan istana cantik ini
Famous, crowded even in weekday. Secara ini istana utama di korea. Harga tiketnya 4000 won disarankan beli tiket terusan 4 istana lain cuma 10000 won.
For information gyeongbokgung palace pernah hancur dua kali ketika imjin war dan masa pendudukan Jepang tapi dibangun lagi dan dijadikan objek wisata yang wajib buat dikunjungi kalo ke Seoul, semacam belum ke Seoul kalo belum foto disini.
Kinda envy, when will indonesia has it?pfftt
Buat yang suka nonton drama pasti kenal banget sama istana satu ini karena hampir seluruh drama bertema kerajaan atau biasa disebut saeguk pasti ada pengambilan gambar ditempat ini, Dulu dari pertama nonton drama saeguk tuh Jewel In The Palace,Queen Seon Deok, Jumong, Iljimae, sampai yang terbaru seperti Scarlet Heart Ryeo dan Moonlight drawn by clouds, They used this place. The must place you visit when you go to seoul, menjadi kesenangan karena mungkin Lee Jun Ki dan Park Bo Gum pernah guling-guling disini pas syuting :p

Kesan saya sih sesuai sama yang di drama hahaha yaiyalah masa beda. Cantik, adem karena kesana musim gugur dan kapan Indonesia punya niatan untuk membangun lagi istana-istana kerajaan jaman dulu terus dibikin jadi obyek wisata seperti ini

I couldn’t stop comparing karena saya jadi lebih nyiyirin Indonesia ketika diluar negeri karena selalu ngerasa ketampar melihat kenyataan di negara lain mereka bisa gini kok di Indonesia enggak bisa hahahaha

IMG_0506.JPG

I like the back view of this

IMG_0490.JPG

Jadi inget waktu Kim Shin dan Ji Eun Tak keluar dari Gwanghamun Gate sehabis dari Canada lol

National Folk Museum
Direction : Keluar dari Gyeongbokgung Palace terus jalan aja sampai capek hahaha kidding. Sekitar 500m dari Gyeongbokgung Palace sudah masuk National Folk Musemum, sebenernya bisa lewat dalam tapi kemarin ternyata akses dari Gyeongbokgung Palace sudah ditutup.

Masih di satu kawasan itu juga ada Blue House tempat tinggalnya Presiden Korea. Masuk National Folk Musemu gratis, selain ada museum diluarnya juga ada taman untuk anak-anak terus jalan dengan bangunan Seoul tempo dulu mungkin sekitar tahun 1970-an. Believe it or not Seoul tahun 1970-an itu tidak jauh berbeda dengan keadaan Indonesia di tahun yang sama, lalu bagaimana bisa dalam 30 tahun mereka sudah tampak berbeda? Negara yang tidak punya sumber daya alam apa-apa bisa jadi negara maju sementara Indonesia yang sumber daya alamnya melimpah tetap menjadi negara berkembang sampai saat ini. Merdeka ditahun yang tidak berbeda jauh sampai tahun 1970-an kondisinya masih sama lalu setelah itu Korea melesat meninggalkan Indonesia. Miris. Sangat.
Now stop comparing haha jadi semakin nyinyir soalnya.
Tempat yang instagramable terumata di bagian Seoul tempo dulu. Kalo disana yang datang banyak anak sekolah mulai dari TK sampai SMA.

IMG_0681.JPG

Gwanghamun Square

Suka lagunya Kyuhyun Super Junior yang At Gwanghamun then you should go there. Setelah saya amati Gwanghamun Square itu mirip-mirip Persimpangan Shibuya(padahal belum pernah ke shibuya) haha jadi ada sepetak tanah ditengah-tengah jalan berbentuk square yang disekelilingnya banyak gedung pecakar langit pas didepannya ada Gwanghamun Gate yaitu pintu masuk ke Gyeongbokgung Palace yang dijaga oleh penjaga yang super unyu (This is true!)

Direction : Mundur dari National Folk Museum dan jalan lagi sampai capek sekitar 800m

Diujung gwanghamun square ini ada patung raja sejong atau disebut King Sejong The Great, Kenapa disebut ‘great’? Karena raja inilah yang membuat alfabet korea atau yang biasa dikenal dengan Hangul. Jadi buat yang rajin nonton drama kerajaan pasti tau kan surat yang suka digulung kain itu yang suka dibaca oleh Park Bogum (Lee Yeong) tulisannya pasti enggak bisa bacanya karena bukan hangul kan nah dulu Korea masih menggunakan huruf china sebelum raja sejong membuat hangul. So everyone was really respect him so much. Agak jalan sedikit didekat air mancur kecil-kecil ada patung Jendral Yushin. Kalau nonton drama Queen Seon Deok pasti tahu siapa jendral ini. Jadi tidak perlu diceritakan panjang lebar, Intinya dia adalah jendral yang sangat berjasa bagi rakyat Korea.

20161014_133505.jpg

IMG_0692.JPG

Bagiaman sebuah negara maju seperti Korea mampu memadukan kemoderenan dengan masa lalu so perfectly. Menjadi sebuah negara maju tidak menjadikan mereka lupa akan kebudayaan mereka dan perjuangan nenek moyang mereka dimasa lampau. Sebuah pelajaran berharga dan tetap merasa ketampat terus selama disini. Sebuah doa kecil selalu saya ucapkan disana disetiap tempat. Semoga Indonesia bisa seperti ini.

Cheonggyecheon stream

Direction : Lurus terus aja dari patung jendral yushin sampai ketemu ikon bentuk keong nah dibelakang ikon keong itu adalah cheonggyecheon stream

I would say you must go to this place when you visited seoul, supaya bisa makin nyiyirin Indonesia :p
Mungkin dongeng cheonggyecheon stream ini sudah banyak didengar but nope it wasn’t folktale it was real. Dari pertama kali aliran sungai kecil ini ada sampai di awal tahun 2000-an mungkin tidak akan ada yang percaya cheonggyecheon akan menjadi secantik, sebersih,sealami ini.Seperti sebuah dongeng aliran yang berkahir di sungai Han yang lebih parah dibanding Ciliwung ini bisa menjadi ruang terbuka hijau tempat paling hits untuk nongkrong di sore atau malam hari melepas penat setelah bekerja buat orang Seoul. Cheonggyecheon stream dibuka sejak tahun 2005 dan menjadi terkenal karena dongeng dibalik terciptanya tempat ini. Dulu seperti yang sudah saya sebutkan diatas cheonggyecheon itu kondisinya lebih parah dibanding ciliwung, dulu banyak rumah-rumah dipinggir aliran ini belum dengan airnya yang butek yah mirip-mirip ciliwung kan sampai akhirnya karena daerahnya yang jorok cheonggyecheon ini ditutup dengan membuat fly over sampai akhirnya kesadaran Seoul Mayor di tahun 2003 merestorasi habis-habisan stream ini menghilangkan fly over dan mengembalikan kebentuk aslinya, menjadikannya ruang terbuka hijau, dengan aliran air yang jernih dan ikan-ikan kecil didalamnya. Dari blog yang pernah saya baca juga bahwa untuk restorasi ini sampai dilakukan rapat puluhan kali antara si mayor ini dengan warga yang bermukin di bantaran cheoggyecheon sampai akhirnya mereka mau direlokasi. So who’s the key person for this great changing? Yup, The leader. Jadi kapan Indonesia bisa punya pemimpin yang bisa melakukan perubahan besar untuk kebaikan Indonesia tentunya? πŸ™‚

20161014_134416.jpg

IMG_0718.JPG

IMG_0720.JPG

IMG_0721.JPG

IMG_0746.JPG

Terima kasih cheonggyecheon, kamu menampar saya lagi hari itu karena Indonesia belum punya pemimpin yang bisa membuat dongeng indah seperti milik kamu.

So why am i talking about politic now? hahaha
Sorry

Myeongdong

Direction : Myeongdong station exit 6

Begitu keluar dari exit 6 bakal langsung disambut dengan store unyu-unyu yang bikin kalap mata dari nature republic, etude house, innisfree, tony moly, laneige, skinfood dan sederet merk skincare dan make up from Korea.
Siapa sih yang enggak mau mukanya semulus Yoona SNSD, Kim Yoo Jung, Jun Jihyun, and of course Song Hye Kyo. Indonesia mulai keranjiangan make up dan skin care dari negeri ginseng ini including me haha dan Myeongdong adalah surga jenis kosmetik itu. Kalo biasanya beli di counter Etude di mall besar harganya menguras kantong tenang disini bisa 1/3 harga di Indonesia.
Example : Mask Sheet yang biasa dijual di online shop aja 16rb satunya disini 20rb won (240rb rupiah) bisa dapet 40pcs, wow banget kan. Lip Tint etude yang mungkin kalo pernah liat di counter bisa mencapai 300rb rp disana cuma 140rb rp. Gimana bagasi enggak penuh sama kosmetik hahaha
Menjadikan kosmetik untuk oleh-oleh juga enggak ada salahnya soalnya murah meriah tapi pasti disukai. Di seluruh kawasan ini isinya yah store kosmetik itu satu merk bisa banyak toko disini, biasanya liat the face shop cuma di mall-mall besar kalau di Jakarta disini udah kayak kacang goreng even di stasiun pun ada, jadi sebenernya enggak perlu repot-repot ke Myeongdong cuma disini kalo beli banyak sangat menguntungkan.
Oh ya disini juga ada yang jual CD/DVD Kpop, pernak-pernik Kpop terus ada Myeongdong Cathedral yang sering jadi tempat syuting diujung jalan, dan kaos kaki unyu-unyu yang wajib di beli dengan harga 1000 won satu pasang.
Datanglah pas sore hari karena makin banyak penjual yang jualan dipinggir jalan baik makanan kecil ataupun yang jualan kaos kaki unyu.
Prepare you heart girls cause this place would be so addictive lol

img_0806

img_0807

img_0810

IMG_0811.JPG

Mas ganteng ini ada dimana-mana disana kan seneng haha

IMG_0812.JPG

2 minggu kemudian grand opening kan sedih

Namsan Tower

Puas beli kosmetik lanjut ke Namsan Tower. Lokasinya searah dengan Myeongdong shopping street.

Direction : Keluar dari area myeongdong lurus terus sampai capek (ini beneran sampai capek) lalu nun jauh disana terlihat bukti dan ada rentetan tangga yang sangat tinggi yang akan membawamu ke namsan cable car.
Kalau masih kuat jalan mungkin bisa dicoba untuk naik dengan tangga biasa sampai namsan towernya tapi kalo sudah menyerah seperti saya dicukupkan saja dengan naik cable car.

Datang di waktu kapanpun saya rasa sama cantiknya. Ini must place to visit in Seoul, kalau belum punya foto namsan tower pasti enggak ada yang percaya kamu sudah ke Korea hahaha. Tidak disarankan membeli gembok disana karena mahal :p mending bawa gembok dari Indonesia aja.

Suhu 9 derajat diatas bukit dimalam hari dengan angin semilir musim gugur yang menusuk tulang kebayangkan enggak mau lama-lama diatas selain kaki sudah minta diganti karena sudah tidak kuat digunakan lagi, entah sudah berapa langkah yang ditempuh hari itu. Akhirnya diatas cuma 45 menit.

Cantik dan romantis sama seperti yang orang-orang selalu bilang padahal sebenernya yah cuma tower doang sih tapi lagi-lagi saya salut sama orang yang menyebarkan paham bahwa Namsan Tower itu landmarknya Seoul kalau belum kesana namanya belum ke Korea. Mungkin bisa dicoba dengan tower-tower yang ada di Indonesia? hahaha (tugas saya kalau keluar negeri ya nyiyirin Indonesia)

 

20161014_175654

Jalan ke cable carnya super duper nanjak

IMG_0823.JPG

IMG_0850.JPG

The first a long tiring way with super strong feet, i was kinda surprised to my feet how could you walk that road. Thanks God. Maybe enjoy is something that could make you do impossible thing or crazy thing cause you’re enjoyed and happy about it so you could pass any obstacles in front of you including that damn stairs in Namsan!! Pulang dan makan malam dengan lauk dari indonesia tempe kering dan teri kering haha that was the positive side from Indonesia. That’s a wrap my second day

Advertisements

3 thoughts on “Days Lost in Seoul-2

  1. wah bagus nih buat pembekalan nanti.. update teruss ya kak selama kmu disana. Oh iya aku juga masih belum ngerti jalur bis disana, sama kah kyak busway? Klo bayarnya harus pake card?

    1. Thanks for comment πŸ™‚ kemarin aku ga pake bus disana Subway semua soalnya tempat2 yg aku sebutin diatas lebih gampang ditempuh dengan Subway,tapi yang aku tahu sih busnya juga sama pake T-money juga 😁 Mau kesana juga ya?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s