[Real Life] My Life

Ini adalah postingan paling frontal yang pernah saya buat

 

Sebenarnya Cuma mau share tentang satu tahunan menjadi mahasiswa..hehehehe

Berhubung bulan-bulan kayak gini banyak yang masuk kuliah yang baru lulus SMA jadi keinget setahun yang lalu tepat bulan Juli aku resmi jadi seorang mahasiswa di sebuah kampus yang teramat sangat kecil tapi menghasilkan alumni yang luar biasa besar(?)

Setahun yang lalu aku hanyalas seorang lulusan sebuah sekolah menangah kejuruan di pelosok kabupaten Bogor, sebuah sekolah kejuruan yang menghasilkan lulusan 85% kerja dan yang lain ya kalo gak menikah ya lanjut kuliah gitu kata guru-guru disana, but neomu gamsaheyo buat semua seonsangnim disana yang membuatku jatuh hati pada kimia dan tidak bisa hidup tanpanya*Ok mulai lebay*

 

Dulu banget balik ke awal lulus SMP*sebenarnya agak kurang nyambung sama niatan nulis curhatan gak jelas ini tapi yang pasti perjalananku menjadi seorang mahasiswa eh salah mahasiswi ya dimulai dari bangku SMP. Waktu lulus SMP aku dengan mantapnya memilih SMK dengan jurusan KIMIA padahal waktu itu gak tau itu apa KIMIA Cuma tau itu sub pelajaran IPA di SMP…satu lagi karena penasaran juga habisnya kok di SMP belakar KIMIA Cuma gitu-gitu aja ya..gak seru..

 

Klo orang nanya kenapa masuk SMK aku Cuma jawab “pengen kuliah” semuanya yang denger jawabanku Cuma bisa melongo..pasti mikir aku aneh? Iya kan? Ya aku emang aneh..namanya juga AB..hahahahaha. orang pasti mikir ni anak mikir apasih orang yang masuk SMK itu biar cepet dapet kerja lah ini pengen kuliah tapi so what?!aku emang pingin kuliah..hahahaha

 

Inget banget waktu daftar SMK pas tes wawancara guru yang nanya itu sampe kaget tapi taulah aku kalo jawab tuh asal jeplak, ngotot kadang kalo orang yang liat cara aku jawab pasti mikir sombing bgt tapi itu aku..kadang orang-orang terdekat aku suka kesel dan Cuma bilang gak usah ngotot

OK back to topic kenapa jadi malah ngomongin sifat…

 

Nah pas lulus gak dari lulus SMK juga tapi dari SMP, aku udah mikir mau kuliah dimana dan satu universitas yang selalu nempel di otak selain Cho Kyuhyun..hehehehe

 

IPB=Institut Pertanian Bogor Jurusan Teknologi Pangan, beuh sebenarnya bukan karena PTNnya tapi lebih ke jurusannya, mau gak di IPB juga sebenarnya ga apa-apa asal jurusan itu tapi yang paling bagus akreditasinya ya di IPB jadilah otakku di penuhi itu dari SMP, ckckckck obsesi.

 

Teman-teman aku tuh pada heran, kenapa IPB kenapa gak UI, UGM, ato apalah PTN lain yang bagus aku Cuma jawab gini

“Di UI gue mau ambil jurusan apa? Gak ada Tekpang”

 

“Di UGM lagi..gak ada Tekpang”

 

“ITB???kagak-kagak..gue gak mau teknik kimia maunya Teknik Pangan”

 

“UPI..gue ogah jadi guru”

 

“UNJ..sama gue gak berbakat jadi guru”

 

Semuanya dijawab kayak gitu bahkan waktu itu UPI ada lewat jalur raport and naui appa nyuruh buat ikutan, sebagai anak yang baik aku nurut tapi…tuh formulir gak pernah aku kumpulin..wkwkwkwkwkwk padahal udah dikasih uanganya…mian appa..aku gak pengen jadi guru…hehehehe

 

Waktu lulus Cuma daftar dua IPB ma AKA(Akademi Kimia Analisis Bogor) untuk option yang kedua sebenarnya emang tertarik sih pengen kesana, yah kayaknya asyiknya juga belajar analisis tapi tetep hopenya mah ke IPB tapi ternyata ALLAH punya sesuatu yang istimewa aku gak diterima di IPB, nyesel? Pasti..aku udah pengen bangetttt disitu tapi tau gak aku baru sadar kalo yang terbaik buat aku ya di AKA^^

 

Kampus yang kecil..kecil banget..kadang minder sama universitas lain tapi..aku bangga karena apa? Disitu aku bisa ketemu dosen-dosen yang bisa bikin aku manggut-manggut mantap saat beliau mulai memeberi wejangan tentang hidup, sumpah salut sama mereka-mereka…aku tuh bener-bener kayak disadarkan disana..kamu tuh harus gini, harus gitu dan ya itu bener banget..sesuatu hal yang belum tentu aku temuin kalo aku masuk IPB dan satu lagi aku bisa ketemu sama temen-temen ELF bahkan membuat sesuatu yang tidak pern ah terpikirkan bisa aku buat bersama mereka dan…aku bisa bertemu Super Junior..hehehehe

 

Aku bersyukur masuknya ke sana

 

Ok masuk ke topic utama..hehehehe

 

Kuliah? Banyak adek kelas yang nanya “kak kuliah itu asik ga?”

 

Hemmm begini ya..semuanya yang kamu baca di buku, novel, even FF terus nonton di TV, film, sinet semua adalah KEBOHONGAN, sekali lagi KEBOHONGAN

 

Kalo diliat atau dibaca kok kayaknya kuliah itu enak..sumpah itu adalah presepsi yang salah..sangat salah..kalo menurut aku kuliah itu fanmeetingnya dosen..uppps kidding

 

KULIAH ITU SUSAH MASUKNYA SUSAH KELUARNYA

UNTUK YANG INI AKU TEKANKAN DI AKA..wae? karena emang bener masuk AKA aja udah susah banget tau gak tahun ini berapa yang daftar jalur raport and ujian masuk 1200!!! Gila kan yang diterima paling Cuma 300..dan kenapa susah keluar..disini gak ada yang namanya main-main..kalo mau leha-leha kuliah jangan disini..mau baru lulus 5 tahun..ogahh!!

 

KULIAH ITU TUGAS..TUGAS..TUGAS..

Tiap hari ada aja tugas kalo di AKA itu dalam bentuk laporan parktikum..beuh tiap hari itu..ditulis tangan dari mulai tujuan, judul, prinsip, reaksi, dasar teori dan kawan-kawannya yang lain.

 

KULIAH TERKADANG MEMBOSANKAN

 

Wae? Rutinitasnya hanya itu-itu aja..nih kegiatan aku tiap senin sampe jumat, pagi hari mandi, sarapan, pergi ke kampus, duduk di kelas, dengerin dosen, parktikum, dengerin dosen, pulang, nulis laporan, makan malam, belajar, tidur gitu-gitu aja tiap hari..bosen-.- tapi ya mau gimana lagi itu sensasinya..estetikanya kuliah

 

KULIAH ITU KALO GAK DAPET A, B, C, D dan E

 

Selalu begitu..itu huruf abjad dari A mpe E selalu menghantui mahasiswa, dapet A, B, C, D atau E? Itu-itu aja yang dipikirin, itung-itung nilai lolos ga..lolos ga..lucu kadang kalo udah akhir-akhir semester mulai deh itung-itungan IP, bagiku IP itu sesuatu yang gak bisa dikasih tau kesembarang orang NO SARIP, tidak ada suku, ras, agama dan IP pokoknya gak boleh ngomongin itu..hehehehe

 

A=amat sangat rajin belajar

B= sangat rajin

C=rajin

D=belum rajin

E=belum..belum rajin

 

No offense ^^V

 

Sebanarnya masih banyak lagi fakta yang menyatakan bahwa kuliah itu bisa bolos, tidur di kelas, pergi main ke mall tiap hari, pacaran, GAK ADA itu..kalo mau gitu ya siap-siap aja jadi mahasiwa abadi di kampus..grrrr

 

Intinya kuliah itu lebih berat bukan berarti udah gak pakai seragam  kulaih itu bebas..bukan, bukan itu kuliah memberikan pelajaran ke kita bagaimana untuk bertanggung jawab, kita dididik sebagai orang dewasa, diajarkan berperilaku seperti orang dewasa dan tanggung jawab sebagai orang dewasa.  Kita punya pilihan yaitu males-malesan kuliah ato rajin..tapi lihat deh orang tua kita yang udah membiyai kita kuliah, kuliah itu gak murah especially di Indonesia, ngenes aja sama orang yang suka males-malesan kuliah..kadang suka mikir udah kuliah, udah dewasa otak masih kayak anak kecil-.-

 

Jadi nikmati masa-masa kuliah itu sebagai pembelajaran sebagai orang yang bertanggung jawab, kuliah itu menyenangkan dengan semua yang aku sbeut diatas..sisi estetika kuliah ^^

 

Kalo udah kuliah berarti udah jadi mahasiswa atau mahasiswi berarti kita tuh udah maha banget dibanding siswa biasa, dulu waktu denger disebut kayak gitu senang banget tapi sekarang kok jadi ngenes ya..sebenarnya mahasiswa itu kayak apa sih..dulu pernah denger kata-kata“BUKAN MAHASISWA KALO GAK AKSI..INTI MAHASISWA ADALAH AKSI”

 

Aksi??bagi yang gak tau aksi? Aksi tiu demo..turun ke jalan panas-panasan teriak-teriak gak jelas di depan air mancur yang ada patunganya itu yang bunder itu…dulu kayaknya keren liat mahasiswa kayak gitu tapi lama kelamaan mikir, itu aksi gak ada artinya…kenapa gak ‘aksi’ yang real..masyarakat mengaggap mahasiwa bisa membantu mereka untuk menyampaikan aspirasi, mahasiswa adalah pemuda kritis tapi kok cara aksinya gak menunjukan dia seorang MAHASISWA ya?????

 

Bukan bermaksud merendahkan yang melakukan aksi tapi kalo aku pribadi lebih suka ‘aksi’ langsung..bantu masyarakat secara nyata..sesuatu yang bisa dirasakan manfaatnya oleh masyarakat bukan hanya sekedar aksi-aksi di bundaran HI..no offense just share what’s on my mind

 

Dunia mahasiwa itu kompleks*bahasa ff* dari mulai ngurusin akdemik sendiri sama negara ya walaupun Cuma dikit yang mikir soal negara sekarang tapi untung aja masih ada meski hanya sepersekian persen tapi itu nikmatnya jadi mahasiswa, pendapatmu mulai di dengar..

 

Enjoy day as college student

 

Choi Yong Soon

Witch in 1.75 grade of Analytical Chemistry of Bogor

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s